Misiologi

Anda boleh baca berbagai artikel dan referensi tentang "Misiologi" atau di kalangan internal Kristen dikenal juga dengan sebutan "Penginjilan", khususnya terhadap kelompok atau masyarakat luas non-kristen. Terlepas seberapa panjang dan seberapa jelas atau tidak jelasnya penjelasan tentang doktrin kisten yang satu ini, kesimpulannya adalah, misi penginjilan identik dengan segala daya upaya terstruktur para misionaris Kristen untuk mengkristenkan sebanyak-banyaknya umat non-kristen, khususnya umat Islam. 

Konsep penginjilan terdiri atas enam pokok bahasan, yaitu:
  • Landasan teologis penginjilan,
  • Pengertian penginjilan,
  • Hakikat penginjilan,
  • Motivasi penginjilan,
  • Pentingnya penginjilan dan terakhir,
  • Tujuan penginjilan.
Dalam perspektif Misionaris, Penginjilan dipahami sebagai memberitakan karya Kristus yang mati karena dosa-dosa manusia, dikuburkan dan dibangkitkan pada hari ketiga (1 Korintus 15:3-4). Yesus Kristus adalah satu-satunya jalan keselamatan bagi umat manusia. 

Dengan demikian penginjilan diyakini relevan dan mutlak untuk dilakukan dengan bijak serta tulus (Matius 10:16oleh setiap pengikut Kristus dengan tujuan agar setiap orang dapat menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat, supaya beroleh keselamatan. Sedangkan keselamatan itu sendiri harus diterima secara pribadi. Artinya respon yang diberikan harus bersifat pribadi terhadap berita Injil.

Akan tetapi seirng dengan perubahan jaman dan kian majunya teknologi, terutama teknologi informasi, di mana setiap orang dapat dengan mudah mengases berbagai informasi, termasuk tentu saja informasi-infomasi sensitif menyangkut kekristenan, maka tidak dapat disangkal bahwa dewasa ini upaya penginjilan sebagaimana diamanatkan oleh doktrin misiologi praktis menghadapi tantangan sangat berat. Umat Islam terpelajar yang serius mempelajari berbagai informasi tentang kekristenan akhirnya dapat dengan mudah membuktikan bahwa semua landasan konsep penginjilan seperti tersebut di atas ternyata dibantah sendiri oleh injil-injil dalam alkitab!   

Sebagai contoh kita dapat sama-sama mencermati segala yang tersirat maupun tersurat dalam puluhan artikel seputar Kristus dan Injil di blog ini.  
Share on Google Plus

Bagus Pamungkas

Saya adalah salahseorang cantrik Sekolah Minggu Gus Mendem dan Kawan Kawan dalam barisan Muslim yang melawan aksi penyesatan iman dan segala bentuk upaya pemurtadan terhadap umat Islam yang dilakukan secara melawan hukum baik oleh individu-individu maupun kelompok-kelompok tertentu demi kepentingan Kristen. Meski demikian, blog ini tidak dimaksudkan untuk umat Kristen secara luas melainkan terbatas hanya untuk para Misionaris, Evangelis, dan pendukungnya saja. Publikasi blog ini adalah bagian dari tugas para cantrik Gus Mendem menghimpun berbagai konten yang relevans dengan isu di atas, untuk selanjutnya diwartakan ke tengah-tengah komunitas penginjil dimaksud
UNTUK DIPERHATIKAN
Admins menghormati hak kebebasan berpendapat anda dalam merespons artikel manapun yang tersaji di sini. Karenanya, tidak ada pemberlakuan persyaratan khusus yang dapat diartikan sebagai pembatasan atas hak tsb. Sebagai gantinya, kami hanya minta anda menghormati kewajiban moral anda sendiri dengan menghargai tata-krama serta adab yang berlaku dalam budaya kita. Ekspresikanlah pendapat anda dengan menggunakan bahasa yang baik. Terima kasih.
    Blogger
    Facebook

0 Comments:

Post a Comment