QS. At-Tahrim:12 & Tafsir Ngasal versi Bakul Jamu



MENURUT AL-QURAN, 
BAGAIMANAKAH CARANYA ALLAH MEMBUAT MARYAM HAMIL?

Ini sebetulnya buat Theos Anner, tanggapan untuk "analisis telek" atas QS 66:12 yang berpijak (dan terpaku) pada tafsir Ibnu Kathir(?), tapi sekaligus juga bagus buat Bastian Lumbantoruan yang kebetulan, seperti biasa, semalam lagi lagi TANDO perihal ini namun bukan main gigih berkelit ketika diajak membahasnya dalam format dialog cerdas di H2H with GMDKK. (Lihat di sini).
 
Dalam analisis teleknya, Theos Anner mengutip tafsir QS. 66:12 dalam teks berbahasa Inggris sbb:

C. TAFSIR (1)
(And Maryam, the daughter of `Imran who guarded her chastity (private part).) meaning, who protected and purified her honor, by being chaste and free of immorality, (And WE BREATHED INTO IT (PRIVATE PART) through Our Ruh,) meaning, through the angel Jibril. Allah sent the angel Jibril to Maryam, and he came to her in the shape of a man in every respect. Allah commanded him to blow into a gap of her garment and that breath went into her womb through her private part; this is how `Isa was conceived. This is why Allah said here, (And We breathed into it through Our Ruh, and she testified to the truth of her Lords Kalimat, and His Kutub,) meaning His decree and His legislation.
Berdasarkan tafsir ini, dia berusaha sekuat tenaga untuk meyakinkan pembaca bahwa:
  • Dalam tafsir sudah dengan jelas disebutkan oleh Kathir bahwa kata "fiihi" adalah merujuk pada "WE BREATHED INTO IT (PRIVATE PART)", private part - kemaluan Maryam.
  • Jika kita mengcross ceck penggunaan kata "faraj" dalam teks lain (2) memang diterjemahkan menjadi "kemaluan", bukan kehormatan. Misalnya QS 24:30. (Lihat TS di sini atau Blog di sini)
Artinya, dia ingin kita semua ikut menjadi bodoh sama seperti dirinya yang menginginkan informasi dari Al-Quran terkait proses kehamilan Maryam, ibunda Nabi Isa alaishissalam, sama saja dengan proses kehamilan Maria, ibunda Yesus versi alkitab yang terlanjur disebutkannya melalui proses ML (hubungan badan) antara YHWH dengan Maria.

Perhatikan bagaimana dia berkutat pada kata "faraj" & "fiihi" yang menurutnya walau bagaimanapun harus diartikan sebagai bagian "sangat privat" dari tubuh Maryam.

Untuk menguatkan teori ngasalnya ini dia bahkan berani kurang ajar menuduh ulama Indonesia sudah "memperhalus" makna 2 kata dari bahasa Arab tsb, sehingga dengan kata lain diartikannya sebagai sudah "tidak sesuai" dengan teks aslinya di dalam Al-Qur'an.

Tapi karena ngeyeler kristen yang satu ini dipastikan buta ilmu Nahwu Shorof dan mengira menela'ah ayat ayat suci Al-Quran cukup dengan berpegang pada teks-teks terjemah saja, maka cukuplah kita batasi tanggapan ini diseputar terjemah juga.

Mari kita lihat sekali lagi terjemah ayat tsb dalam bahasa Indonesia yang "dipelintirnya" tadi:
"... dan Maryam puteri Imran yang memelihara kehormatannya, maka Kami tiupkan ke dalam rahimnya, sebagian dari ruh (ciptaan) Kami; dan dia membenarkan kalimat Rabb-nya dan Kitab-kitab-Nya; dan adalah dia termasuk orang-orang yang taat." – (QS.66:12)
Saya pikir, tanpa harus menghadirkan kitab tafsir sekalipun, sebetulnya terjemah di atas sudah cukup jelas bagi siapapun yang pernah belajar tulis-baca bahasa Indoenesia. Tapi karena (1) Theos mebangun "asumsi liarnya" berdasarkan kutipan tafsir dalam bahasa Inggris, dan (2) menuding ulama Indonesia sudah "merekayasa" terjemah Al-Quran untuk ayat ini, maka saya lampirkan SS tafsir dari Sayyid Abul Ala Maududi, salahsatu ulama "non-Indonesia" berikut ini sebagai pembanding.

Selengkapnya lihat di sini, atau jika ingin mendengarkan penjelasannya dari klip video, lihat juga di sini

Konten SS terdiri dari:
1. Teks asli QS. 66:12 dalam aksara Arab
2. Terjemahannya ke dalam bahasa Inggris
3. Catatan kaki berisi penjelasan untuk ayat ayat yang diberi nomor.

Saya anggap ini sudah lebih dari cukup untuk menjawab, menjelaskan, sekaligus membuktikan bahwa seperti biasa, analisis telek Theos Anner NYUNGSEP LAGI di lapaknya sendiri!

Kendati demikian, jika Theos Anner atau Bastian Lumbantoruan merasa ini tidak menjawab tantangan mereka, maka sebagai ganti eyel-eyelan, saya sarankan kepada anda berdua untuk:
  1. Tunjukkan di bagian mana dari teks asli dalam aksara Arab tsb yang menyiratkan adanya indikasi ruh dari Allah ditiupkan melalui "private part" Maryam?
  2. Jika upaya ini tidak berhasil, karena saya percaya anda tidak akan berhasil, maka masih ada cara lain untuk mendukung teori ngasal anda, yakni dengan menghadirkan sekurang-kurang 2 atau 3 tafsir senada dari Mufassir-Mufassir kondang lainnya.

Demikian, semoga bermanfaat!


[BP | SM-GMDKK] 

Share on Google Plus

Bagus Pamungkas

Saya adalah salahseorang cantrik Sekolah Minggu Gus Mendem dan Kawan Kawan dalam barisan Muslim yang melawan aksi penyesatan iman dan segala bentuk upaya pemurtadan terhadap umat Islam yang dilakukan secara melawan hukum baik oleh individu-individu maupun kelompok-kelompok tertentu demi kepentingan Kristen. Meski demikian, blog ini tidak dimaksudkan untuk umat Kristen secara luas melainkan terbatas hanya untuk para Misionaris, Evangelis, dan pendukungnya saja. Publikasi blog ini adalah bagian dari tugas para cantrik Gus Mendem menghimpun berbagai konten yang relevans dengan isu di atas, untuk selanjutnya diwartakan ke tengah-tengah komunitas penginjil dimaksud
UNTUK DIPERHATIKAN
Admins menghormati hak kebebasan berpendapat anda dalam merespons artikel manapun yang tersaji di sini. Karenanya, tidak ada pemberlakuan persyaratan khusus yang dapat diartikan sebagai pembatasan atas hak tsb. Sebagai gantinya, kami hanya minta anda menghormati kewajiban moral anda sendiri dengan menghargai tata-krama serta adab yang berlaku dalam budaya kita. Ekspresikanlah pendapat anda dengan menggunakan bahasa yang baik. Terima kasih.
    Blogger
    Facebook

0 Comments:

Post a Comment