Kendati tidak ada satu dalilpun dalam injil-injil Perjanjian Baru yang menyebut, apalagi memastikan status pernikahan Yesus, namun Doktrin Kristen memaksa pengikutnya untuk percaya dan meyakini sepenuhnya bahwa Yesus Kristus tidak menikah.
Alasannya?
Jika Yesus menikah, apalagi sampai mempunyai keturunan, maka ini akan menjadi problem luar biasa besar bagi keimanan Kristen yang sudah pasti akan menggugurkan seluruh klaim kekristenan tentang ketuhanan Yesus yang disebut-sebut sebagai "anak tunggal" Allah!
Bayangkan, akan disebut dan diperlakukan seperti apa seluruh keturunan Yesus yang mau tidak mau harus diakui sebagai anak, cucu, cicit, dan canggah Allah ini? Harus disembah sebagai tuhan juga, atau diperlakukan seperti manusia biasa?
Jika disembah sebagai tuhan, maka Kristen harus mengakui bahwa Allah yang konon katanya adalah Roh ternyata mempunyai kerturunan yang berwujud manusia, dan sejak konon pula katanya Yesus terangkat ke sorga sampai hari ini, tentu jumlahnya sudah mencapai ribuan! Hal ini, bagaimanapun juga akan memporak-porandakan segala gambaran tentang Allah menurut doktrin keimanan Kristen sendiri!
Sedangkan jika diperlakukan sebagai manusia biasa, maka Kristen harus mengakui bahwa sejatinya Yesus adalah manusia biasa seperti kita semua, atau tegasnya, bukan tuhan!
Padahal di antara sekian banyak doktrin Kristen tentang Yesus Kristus, ada satu jargon yang tidak jelas asal-usulnya tapi dengan lantang menyebut bahwa Yesus adalah 100% manusia dan 100% tuhan. Nah, bicara tentang Yesus yang 100% manusia, maka mau tidak mau isu tentang Yesus menikah tentunya menjadi bagian yang tidak dapat dielakkan!
Kenapa?
Karena Yesus adalah 100% pria normal keturunan Yahudi yang lahir, tumbuh dan menjadi rabi (guru) di tengah-tengah masyarakat Yahudi. Karenanya secara alamiah terikat sepenuhnya pada segala adat-istiadat dan tradisi keagamaan umat Yahudi.
Lalu, bagaimana adat-istiadat dan tradisi keagamaan umat Yahudi bicara tentang pernikahan?
Simak-baik-baik yang berikut ini!
Kendati tidak banyak, namun Taurat memberikan panduan berkaitan dengan prosedur pernikahan. Cara mencari jodoh, bentuk upacara pernikahan, dan hakikat hubungan pernikahan semuanya dijelaskan dalam Talmud.
Bashert: Belahan Jiwa
Menurut Talmud, Rav Yehuda mengajarkan bahwa 40 hari sebelum seorang anak laki-laki dikandung, sebuah suara dari surga mengumumkan putri siapa yang akan dinikahinya, secara harfiah pasangan yang dijodohkan di surga! Dalam bahasa Yiddish, pasangan sempurna ini disebut "bashert, 'sebuah kata yang berarti takdir atau takdir. Kata "bashert" dapat digunakan untuk merujuk pada segala jenis kecocokan yang kebetulan, seperti menemukan pekerjaan yang sempurna atau rumah yang sempurna, tetapi biasanya digunakan untuk merujuk pada jodoh seseorang. Ada sejumlah pernyataan dalam Talmud yang tampaknya bertentangan dengan gagasan bashert, terutama banyak nasihat tentang memilih seorang istri. Namun demikian, gagasan tersebut memiliki pengaruh yang kuat dalam orang Yahudi. komunitas: lihat daftar iklan pribadi Yahudi dan Anda 'kembali terikat untuk menemukan seseorang "Mencari bawahan saya."
Menemukan pasangan Anda tidak berarti bahwa pernikahan Anda akan bebas masalah. Pernikahan, seperti segala sesuatu yang berharga dalam hidup, membutuhkan dedikasi, usaha dan energi. Bahkan ketika dua orang ditakdirkan untuk satu sama lain, itu mungkin bagi mereka untuk merusak pernikahan mereka. Itulah mengapa Yudaisme mengizinkan perceraian.
Meskipun pernikahan pertama itu bashert, namun tetap memungkinkan untuk memiliki pernikahan yang baik dan bahagia dengan pasangan kedua. Talmud mengajarkan bahwa G-d juga mengatur kawin kedua, dan istri kedua seorang laki-laki dipilih sesuai dengan kemampuannya.
Bagaimana Anda tahu jika Anda telah menemukan bashert Anda? Haruskah Anda menunda menikah dengan seseorang karena takut orang yang ingin Anda nikahi mungkin bukan pasangan Anda, dan mungkin ada jodoh yang lebih baik di luar sana yang menunggu Anda? Pandangan tradisional adalah bahwa Anda tidak dapat mengetahui siapa orang tua Anda, tetapi begitu Anda menikah, orang yang Anda nikahi adalah orang yang Anda nikahi, jadi Anda tidak boleh membiarkan kekhawatiran tentang menemukan orang tua Anda membuat Anda enggan menikahi seseorang.
Dan sementara kita membahas tentang G-d mengatur pernikahan, saya harus berbagi midrash yang menyenangkan ini : dikatakan bahwa seorang wanita Romawi bertanya kepada seorang rabi, jika Tuhanmu menciptakan alam semesta dalam enam hari, lalu apa yang telah dia lakukan dengan waktunya sejak saat itu? Rabbi berkata bahwa G-d telah mengatur pernikahan. Wanita Romawi mencemooh ini, mengatakan bahwa mengatur pernikahan adalah tugas yang sederhana, tetapi rabi meyakinkannya bahwa mengatur pernikahan dengan benar sama sulitnya dengan memisahkan Laut Merah. Untuk membuktikan bahwa rabbi itu salah, wanita Romawi itu pulang dan membawa seribu budak pria dan seribu budak wanita dan menjodohkannya dalam pernikahan. Keesokan harinya, para budak muncul di hadapannya, seorang dengan tengkorak retak, satu lagi dengan patah kaki, satu lagi dengan mata dicungkil, semua meminta untuk dibebaskan dari pernikahan mereka. Wanita itu kembali ke rabbi dan berkata, "Tidak ada tuhan seperti Anda Ya Tuhan, dan Tauratmu benar."
Mendapatkan Pasangan
Mishnah Kiddushin 1: 1 menetapkan bahwa seorang wanita diperoleh (yaitu, menjadi seorang istri) dalam tiga cara: melalui uang, kontrak, dan hubungan seksual. Biasanya, ketiga kondisi ini terpenuhi, meskipun hanya satu yang diperlukan untuk mewujudkan pernikahan yang mengikat.
Perolehan dengan uang biasanya dipenuhi oleh cincin kawin. Penting untuk dicatat bahwa meskipun uang adalah salah satu cara untuk "memperoleh" seorang istri, wanita tidak diperjualbelikan seperti sebuah properti atau budak. Hal ini terlihat dari jumlah uang yang dikeluarkan adalah nominal (menurut Mishnah, suatu perutah, koin tembaga dengan denominasi terendah, sudah cukup). Selain itu, jika wanita itu dibeli seperti sebuah properti, maka sang suami bisa menjualnya kembali, dan jelas tidak. Sebaliknya, penerimaan uang oleh istri adalah cara simbolis untuk menunjukkan penerimaannya terhadap suami, seperti penerimaan kontrak atau hubungan seksual.
Untuk memenuhi persyaratan perolehan uang, cincin itu harus milik pengantin pria. Itu tidak bisa dipinjam, meski bisa jadi hadiah dari kerabat. Itu harus diberikan kepada istri tanpa bisa ditarik kembali. Selain itu, nilai cincin harus diketahui oleh istri, sehingga tidak ada klaim bahwa suami menipunya untuk menikah dengan cara menyesatkannya mengenai nilainya.
Dalam semua kasus, Talmud menetapkan bahwa seorang wanita dapat diperoleh hanya dengan persetujuannya, dan bukan tanpanya (Kiddushin 2a-b ).
Sebagai bagian dari akad nikah, suami memberi istri ketubah. Kata "Ketubah" berasal dari akar kata Kaf-Tav-Bet, yang berarti "menulis". Ketubah juga disebut kontrak pernikahan. Ketubah merinci kewajiban suami kepada istri selama perkawinan, syarat-syarat waris setelah kematiannya, dan kewajiban-kewajiban mengenai dukungan anak dalam perkawinan. Ini juga memberikan dukungan istri jika terjadi perceraian. Ada kondisi standar; namun, kondisi tambahan dapat dimasukkan dengan kesepakatan bersama. Perjanjian pernikahan semacam ini adalah hal biasa di dunia Semit kuno.
Ketubah memiliki banyak kesamaan dengan perjanjian pranikah, yang mendapatkan popularitas di Amerika. Di Amerika, perjanjian semacam itu secara historis tidak disukai, karena diyakini bahwa merencanakan perceraian akan mendorong perceraian, dan bahwa orang yang mempertimbangkan kemungkinan perceraian tidak boleh menikah. Meskipun seorang rabi dalam Talmud mengungkapkan pendapat yang sama, namun mayoritas tetap mempertahankan ketubah perceraian yang tidak disarankan, dengan terus menjadi pengingat kewajiban finansial penting suami jika dia menceraikan istrinya.
Ketubah sering merupakan karya yang indah kaligrafi, dibingkai dan ditampilkan di rumah.
Proses Pernikahan: Kiddushin dan Nisuin
Proses pernikahan terjadi dalam dua tahap berbeda: kiddushin (biasanya diterjemahkan sebagai pertunangan) dan nisuin (pernikahan penuh). Kiddushin terjadi ketika wanita menerima uang, kontrak atau hubungan seksual yang ditawarkan oleh calon suami. Kata "kiddushin" berasal dari akar kata Qof-Dalet-Shin, yang berarti "disucikan." Itu mencerminkan kesucian hubungan perkawinan. Namun, akar kata juga berkonotasi sesuatu yang dikesampingkan untuk tujuan tertentu (sakral), dan ritual kiddushin.sisihkan wanita untuk menjadi istri dari pria tertentu dan bukan yang lain.
Kiddushin jauh lebih mengikat daripada sebuah pertunangan seperti yang kita pahami istilah di Amerika modern; pada kenyataannya, Maimonides berbicara tentang masa pertunangan sebelum yang kiddushin. Setelah kiddushin selesai, wanita tersebut secara resmi adalah istri pria. Hubungan yang diciptakan oleh kiddushin hanya bisa diputuskan dengan kematian atau perceraian. Namun, pasangan tidak hidup bersama pada saat itu, dan kewajiban timbal balik yang diciptakan oleh hubungan perkawinan tidak berlaku sampainisuin selesai.
Nisuin (dari kata yang berarti "ketinggian") menyelesaikan proses pernikahan. Sang suami membawa istri ke rumahnya dan mereka memulai kehidupan pernikahan mereka bersama.
Di masa lalu, kiddushin dan nisuin akan terjadi secara rutin setiap tahun. Selama waktu itu, suami akan menyiapkan rumah untuk keluarga baru. Selalu ada risiko bahwa selama periode perpisahan yang lama ini, wanita akan mengetahui bahwa dia ingin menikahi pria lain, atau pria tersebut akan menghilang, meninggalkan wanita tersebut dalam keadaan canggung untuk menikah tetapi tanpa seorang suami. Saat ini, kedua upacara tersebut biasanya dilakukan bersama.
Karena pernikahan di bawah hukum Yahudi pada dasarnya adalah perjanjian kontrak pribadi antara seorang pria dan seorang wanita, itu tidak memerlukan kehadiran seorang rabi atau pejabat agama lainnya. Akan tetapi, adalah umum bagi para rabi untuk memimpin, sebagian meniru praktik Kristen dan sebagian karena kehadiran pejabat agama atau sipil diwajibkan menurut hukum sipil Amerika.
Seperti yang Anda lihat, sangat mudah untuk menikah, sehingga para rabi memberikan hukuman berat (biasanya cambuk dan perceraian paksa) dimana pernikahan dilakukan tanpa perencanaan dan kesungguhan yang tepat.
Upacara Pernikahan Ashkenazi yang Khas
Merupakan kebiasaan bagi kedua mempelai untuk tidak bertemu satu sama lain selama seminggu sebelum pernikahan. Pada Shabbat minggu itu, adalah kebiasaan di kalangan Yahudi Ashkenazic bagi pengantin pria untuk memiliki aliyah (kehormatan membaca berkat atas pembacaan Taurat. Aliyah ini dikenal sebagai aufruf. Ada perayaan yang meriah di sinagoga saat ini.
Sehari sebelum pernikahan, kedua mempelai berpuasa
Sebelum akad nikah, pengantin perempuan dikerudung, sebuah proses yang disebut badeken, oleh mempelai pria, atau chatan . Kerudung melambangkan gagasan kesopanan dan menyampaikan pesan bahwa betapapun menariknya penampilan fisik, jiwa dan karakter adalah yang terpenting. Ini adalah kebiasaan kuno dan berfungsi sebagai tindakan pertama dari banyak tindakan yang dilakukan pengantin pria untuk menunjukkan komitmennya untuk memberi pakaian dan melindungi istrinya. Tindakan tersebut untuk mengenang saat Rebecca menutupi wajahnya sebelum menikah dengan Ishak. Badeken adalah simbol menutupi harta karun yang dihargai.
Upacara itu sendiri berlangsung 20-30 menit, dan dilakukan di bawah chupah, kanopi pernikahan, simbol rumah yang akan dibangun dan digunakan bersama oleh pasangan. Chatan, diikuti oleh kallah, pengantin, diantar ke chupah oleh orang tua masing-masing. Sama seperti seseorang yang akan bangkit di hadapan bangsawan, adalah tepat bagi para tamu untuk bangkit pada saat kedatangan chatan dan kallah. Ketika pengantin pria mencapai chuppah, chazan, penyanyi, memberkatinya dan meminta Tuhan untuk memberkati pengantin. Ketika pengantin pria tiba di bawah chupah, dia mengenakan anak kucing, jubah putih, yang melambangkan kemurnian spiritual. Di bawah chupah, kallah melingkari chatan tujuh kali; sama seperti dunia diciptakan dalam tujuh hari, kallah secara kiasan membangun dinding rumah baru pasangan itu. Penjelasan lain adalah bahwa tujuh lingkaran sesuai dengan tujuh kali di kallah secara kiasan membangun dinding rumah baru pasangan itu. Penjelasan lain adalah bahwa tujuh lingkaran sesuai dengan tujuh kali di kallah secara kiasan membangun dinding rumah baru pasangan itu. Penjelasan lain adalah bahwa tujuh lingkaran sesuai dengan tujuh kali di Torah di mana ada tertulis, "... dan ketika seorang pria menikahi seorang wanita ..." Chazan kemudian memberkati pengantin wanita dan meminta Tuhan untuk memberkati chatan dan kallah.
Ada dua bagian terpisah dari pernikahan, kiddushin dan nisuin. Untuk kiddushin, rabi membacakan berkat atas anggur, dan kemudian berkat yang mengakui hubungan terlarang dan diizinkan dalam hukum Yahudi. Cangkir pertama menyertai pemberkatan pertunangan, dan setelah ini dibacakan, pasangan itu minum dari cangkir itu.
Tidak ada persyaratan untuk menggunakan cincin dalam pernikahan Yahudi. Sebaliknya, seorang chatan harus memberi kallah sebuah benda yang bernilai lebih dari satu peruta, sebuah unit nilai yang kecil; Namun, sudah menjadi kebiasaan untuk menggunakan cincin. Pria itu meletakkan cincin di jari wanita itu dan berkata, "Jadilah suci (mekudeshet) kepadaku dengan cincin ini sesuai dengan hukum Musa dan Israel." Menurut hukum Yahudi, ini adalah momen sentral pernikahan, dan pasangan tersebut sekarang sudah menikah.
Setelah kiddushin selesai, ketubah, akad nikah, dibacakan dalam teks asli Aram. Kontrak tersebut kemudian ditandatangani oleh dua saksi, edim. Ketubah adalah milik kallah dan dia harus memiliki akses ke sana selama pernikahan pasangan.
Nisuin kemudian dilanjutkan. Pengantin berdiri di bawah chuppah, dan kedua mempelai melafalkan tujuh berkat (sheva brakhos) di hadapan minyan (kuorum doa 10 pria Yahudi dewasa). Inti dari masing-masing dari tujuh berkah adalah:
- yang telah menciptakan segalanya untuk kemuliaannya
- yang membentuk Manusia
- yang membentuk Manusia menurut gambar-Nya.
- yang menyenangkan Sion melalui anak-anaknya
- yang membahagiakan pengantin pria dan wanita
- yang menciptakan kegembiraan dan kegembiraan yang membahagiakan pengantin pria dengan pengantin wanita
- doa standar atas anggur.
Pengantin laki-laki memecahkan kaca (atau sepotong kaca simbolis kecil) dengan kaki kanannya, untuk melambangkan kehancuran Bait Suci .
Pasangan ini kemudian pensiun sebentar ke ruang benar-benar pribadi, Cheder yichud, dan ditinggalkan sendirian untuk pertama kalinya. Kali ini juga merupakan simbol dari pengantin pria yang membawa istrinya ke rumahnya.
Yichud diikuti dengan makan malam, yang diikuti dengan pengulangan sheva brakhos. Musik dan tarian yang meriah secara tradisional mengiringi upacara dan resepsi.
Upacara Khas Pernikahan Sephardic
Banyak orang Yahudi Sephardic, khususnya orang Afrika Utara, memulai pernikahan beberapa hari sebelum upacara sebenarnya dengan pesta yang rumit di mana pengantin wanita mengenakan gaun beludru bersulam yang dihiasi dengan mutiara dan perhiasan lainnya. Seringkali, gaun ini menjadi pusaka keluarga. Setelah para tamu berbagi makanan, pewarna henna dilukis di telapak tangan setiap wanita, melambangkan kesuburan dan perlindungan terhadap mata jahat.
Di lingkungan Ashkenazic, calon pengantin mengunjungi mikveh (mandi ritual) dengan kerabat dekat wanita, biasanya secara pribadi. Namun dalam tradisi Sephardic, semua wanita di komunitas tersebut menemani calon pengantin dan ibu serta saudara perempuannya ke mikveh. Setelah itu mereka menikmati pesta manisan yang mewah, lalu menari di serambi mikveh. Dalam komunitas berbahasa Spanyol, kebiasaan ini disebut noche de novia, yang secara harfiah berarti "malam kekasih".
Hari pernikahan dianggap sebagai yom tov, acara meriah, dan pengantin Sephardic tidak berpuasa. Mereka diharapkan menikmati makanan untuk menghormati acara tersebut. Juga, Yahudi Sephardic tidak memiliki tradisi bedeken, atau kerudung pengantin wanita. Dan Yahudi Sephardic menganggap kebiasaan yichud - di mana pasangan menyelinap pergi untuk saat-saat pribadi tepat setelah upacara - sebuah davar mechuar, "hal yang menjijikkan," karena itu membahayakan kesopanan.
Di antara orang Yahudi Sephardic, ketubah (kontrak pernikahan) adalah kontrak yang mengikat: Kedua keluarga menegosiasikan jumlah yang harus dibayarkan jika terjadi perceraian. Selama upacara, pengantin perempuan Sephardic tidak mengelilingi pengantin pria tujuh kali, seperti kebiasaan Ashkenazic. Pasangan Sephardic umumnya menghadap penonton dengan tallit menutupi kepala mereka, dan rabi yang memimpin memunggungi para tamu.
Aufruf pengantin pria Sephardic diadakan pada Shabbat setelah pernikahan dan bukan sebelumnya. Disebut Avram Siz , ritus ini menuntut pembacaan bagian dalam Kejadian di mana Abraham mengirim pelayannya, Eliezer, untuk menemukan pasangan yang cocok untuk putranya, Ishak. Nama Avram Siz adalah bahasa Aram untuk "Avram sudah tua", kata-kata yang memperkenalkan bagian ini, yang dibaca dalam bahasa Aram .
Pada pesta perayaan Sephardic selama seminggu yang disebut Shevah Brachot, para tamu tiba di rumah baru pasangan itu dengan membawa makanan dan minuman. Pengantin wanita dan pria diperlakukan sebagai raja dan ratu; tujuh berkat pernikahan dibacakan atas mereka, dan rumah mereka disamakan dengan istana kerajaan.
Hubungan Perkawinan
Pernikahan sangat penting dalam Yudaisme. Menahan diri dari pernikahan tidak dianggap suci, seperti di beberapa agama lain. Sebaliknya, hal itu dianggap tidak wajar. Talmud mengatakan bahwa pria yang belum menikah terus-menerus memikirkan dosa. Talmud bercerita tentang seorang rabi yang diperkenalkan seorang rabi muda yang belum menikah. Rabbi yang lebih tua menyuruh yang lebih muda untuk tidak datang lagi sampai dia menikah.
Pernikahan tidak semata-mata, atau bahkan terutama, untuk tujuan prokreasi. Sumber-sumber tradisional mengakui bahwa persahabatan, cinta dan keintiman adalah tujuan utama pernikahan, mencatat bahwa wanita itu diciptakan Kej 2:18 karena "tidak baik bagi pria untuk sendirian," daripada karena wanita diperlukan untuk prokreasi.
Menurut Taurat dan Talmud, seorang pria diizinkan menikahi lebih dari satu istri, tetapi seorang wanita tidak dapat menikahi lebih dari satu pria. Meskipun poligini diizinkan, itu tidak pernah umum. Talmud tidak pernah menyebut rabi dengan lebih dari satu istri. Sekitar 1000 M, Yahudi Ashkenazic melarang poligini karena tekanan dari budaya Kristen yang dominan. Ini terus diizinkan untuk Yahudi Sephardic di tanah Islam selama bertahun-tahun. Sampai hari ini, Yahudi Yaman dan Ethiopia terus mempraktikkan poligini; namun, negara Israel modern hanya mengizinkan satu istri, kecuali Anda datang ke Israel dengan lebih dari satu istri, dalam hal ini Anda dapat mempertahankan istri yang Anda miliki tetapi Anda tidak dapat menikahi yang baru.
Seorang suami bertanggung jawab untuk menyediakan makanan, pakaian dan hubungan seksual kepada istrinya (Ex. 21:10), serta hal lain yang ditentukan dalam ketubah. Hubungan seksual dalam pernikahan adalah hak wanita, bukan hak pria. Seorang pria tidak dapat memaksa istrinya untuk melakukan hubungan seksual dengannya, juga tidak diizinkan untuk melecehkan istrinya dengan cara apa pun (sebuah praktik yang secara rutin diizinkan di negara-negara Kristen hingga baru-baru ini).
Seorang wanita yang sudah menikah tetap memiliki kepemilikan atas setiap properti yang dibawanya untuk pernikahan, tetapi suami memiliki hak untuk mengelola properti dan menikmati keuntungan dari properti tersebut.
Pernikahan Terlarang dan Anak Tidak Sah
Usia minimum untuk menikah menurut hukum Yahudi adalah 13 tahun untuk anak laki-laki, 12 tahun untuk anak perempuan; namun, kiddushin dapat terjadi sebelum itu, dan sering terjadi pada abad pertengahan. Talmud merekomendasikan seorang pria menikah pada usia 18 tahun, atau antara 16 dan 24 tahun.
Taurat menetapkan daftar cucian hubungan dilarang. Pernikahan seperti itu tidak pernah sah. Seorang pria tidak dapat menikahi kerabat dekat tertentu, mantan istri dari kerabat dekat tertentu, seorang wanita yang belum resmi bercerai dari suaminya sebelumnya, anak perempuan atau cucu dari mantan istrinya, atau saudara perempuan dari mantan istrinya selama waktu hidup mantan istri.
Keturunan dari perkawinan semacam itu adalah mamzerim (bajingan, tidak sah), dan tunduk pada berbagai batasan; namun penting untuk dicatat bahwa hanya keturunan dari perkawinan incest atau terlarang ini yang mamzerim. Anak-anak yang lahir di luar nikah tidak mamzerim dalam hukum Yahudi dan tidak menanggung stigma, kecuali pernikahan itu dilarang karena alasan di atas. Anak dari pria yang sudah menikah dan wanita yang bukan istrinya bukanlah mamzerim(karena perkawinan antara orang tua tidak akan dilarang), meskipun anak dari perempuan yang sudah menikah dan laki-laki yang bukan suaminya adalah mamzerim (karena dia tidak bisa menikah dengannya).
Ada golongan perkawinan lain yang tidak diijinkan, tetapi sah jika terjadi dan tidak membuat anak menjadi mamzerim. Perkawinan anak di bawah umur, seorang Yahudi dengan non-Yahudi, dan seorang kohein dengan kelas wanita terlarang yang dibahas di bawah termasuk dalam kategori ini.
Seorang kohein tidak diperbolehkan menikahi janda, mualaf, wanita promiscuous, wanita yang merupakan keturunan dari pernikahan terlarang dengan kohein, atau wanita yang merupakan janda dari pria yang meninggal tanpa anak tetapi telah dibebaskan dari kewajiban menikahi saudara laki-laki suaminya. Seorang kohein yang menikahi wanita seperti itu didiskualifikasi dari tugasnya sebagai seorang kohein, seperti semua keturunan dari pernikahan itu.
Sumber: Jewish Virtual Library | Yudaisme 101; Buklet pernikahan Avi Hein dan Sarah Szymkowicz; Dayan, Brigitte, "Mutiara, henna dan challah: adat perkawinan Sephardic," Mingguan Berita Yahudi California Utara (8 November 1996).
UNTUK DIPERHATIKAN
Admins menghormati hak kebebasan berpendapat anda dalam merespons artikel manapun yang tersaji di sini. Karenanya, tidak ada pemberlakuan persyaratan khusus yang dapat diartikan sebagai pembatasan atas hak tsb. Sebagai gantinya, kami hanya minta anda menghormati kewajiban moral anda sendiri dengan menghargai tata-krama serta adab yang berlaku dalam budaya kita. Ekspresikanlah pendapat anda dengan menggunakan bahasa yang baik. Terima kasih.
0 Comments:
Post a Comment