Sekelumit Inormasi Tentang Penciptaan Adam dan Taman Eden


DI MANAKAH ADAM DICIPTAKAN?
Pertanyaan ini sudah lama menjadi teka-teki dan perdebatan antara sebagian anak cucu Adam hingga sekarang. Namun tidaklah sedemikian rumit bagi mereka yang beragama Islam dan mengimani informasi dari Al-Quran, sebab Allah memberitahu umat Islam bahwa Adam diciptakan di sorga.

Sedangkan umat Kristen meyakini Adam diciptakan di bumi, tepatnya di taman Eden, yang menurut mereka sesuai dengan informasi dari Allah dalam alkitab.

Tapi benarkah demikian?
Mari kita periksa lagi informasi dari alkitab dimaksud, dan untuk ini cukup kita ambil ayat yang penting-penting saja, begini:

KITAB KEJADIAN
2:7 ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.
2:8 Selanjutnya TUHAN Allah membuat taman di Eden, di sebelah timur; disitulah ditempatkan-Nya manusia yang dibentuk-Nya itu. 
2:9 Lalu TUHAN Allah menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya; dan pohon kehidupan di tengah-tengah taman itu, serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat. 
2:10 Ada suatu sungai mengalir dari Eden untuk membasahi taman itu, dan dari situ sungai itu terbagi menjadi empat cabang. 
2:11 Yang pertama, namanya Pison, yakni yang mengalir mengelilingi seluruh tanah Hawila, tempat emas ada. 
2:12 Dan emas dari negeri itu baik; di sana ada damar bedolah dan batu krisopras.
2:13 Nama sungai yang kedua ialah Gihon, yakni yang mengalir mengelilingi seluruh tanah Kush. 
2:14 Nama sungai yang ketiga ialah Tigris, yakni yang mengalir di sebelah timur Asyur. Dan sungai yang keempat ialah Efrat. 
2:15 TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.
Ayat-ayat Kejadian di atas menyebutkan penciptaan Adam, tapi tidak secara spesifik menunjukkan di mana tempatnya. Di bumikah atau di tempat lain di luar bumi?

Yang jelas, Kejadian 2:8 menceritakan bahwa setelah Adam diciptakan, baru Allah menciptakan Taman Eden di bumi, tempat di mana kemudian Adam dan Hawa tinggal untuk sementara.

Sedikit dalil alkitab ini sudah lebih dari cukup menjelaskan bahwa Allah tidak menciptakan Adam di Taman Eden, tapi di tempat lain!

Dengan demikian, keyakinan umat Kristen bahwa Adam diciptakan di Taman Eden yang terletak di bumi, terbukti adalah keyakinan NGAWUR!

JIKA DEMIKIAN, DI MANAKAH ADAM DICIPTAKAN?
Sementara alkitab sama sekali tidak tahu, dan karenanya tidak dapat memberikan jawaban pasti, Al-Quran menginformasikan dengan amat jelas bahwa Adam diciptakan di sorga!

Jadi, cerita alkitab tentang Taman Eden itu patut dicurigai tidak Ilahiah mengingat keganjilannya yang sangat manusiawi. Benarkah Allah harus turun ke bumi untuk menciptakan manusia?

Hal sangat manusiawi lainnya dalah alkitab juga menjelaskan secara eksplisit letak Taman Eden di bumi, namun sampai detik ini tidak ada satu manusia pun yang dapat membuktikan kebenarannya!

MENURUT ALKITAB, DI MANAKAH LETAK TAMAN EDEN?
Perhatikan sekali lagi ayat-ayat di atas. Kita akan menemukan nama-nama sungai di dalamnya. Ada 4 sungai yang disebutkan di sana yaitu:
  1. Pison di Hawila, sekitar India
  2. Gihon di Tanah Kush, sekitar Pegunungan Hundhu Kush
  3. Eufrat di Asyur, sekitar Irak, dan
  4. Tigris di Asyur sekitar Irak
Dari sini dapat disimpulkan bahwa letak Taman Eden berada di suatu tempat dalam kawasan luas yang meliputi wilayah antara India, Pegunungan Hindhu Kush, dan Irak.

Nah, percayakah anda bahwa Taman Eden memang berada di daerah tsb?

Taman Eden berarti Taman Surga di mana tidak ada taman lain yang mengalahkan keindahannya. Tetapi apakah hal itu bisa dibuktikan secara sains modern yang dimiliki oleh umat manusia dewasa ini? Jawabnya, TIDAK!

Jika memang Taman Eden itu ada di sana, tentu saja sekarang ini kita masih bisa melihatnya meski hanya tinggal sisa-sisa situsnya saja.

Sampai di sini, informasi dari sumber mana yang paling masuk akal?
Dari alkitabkah, atau dari Al-Quran?

Silahkan dipikirkan saja sendiri.

Share on Google Plus

Bagus Pamungkas

Saya adalah salahseorang cantrik Sekolah Minggu Gus Mendem dan Kawan Kawan dalam barisan Muslim yang melawan aksi penyesatan iman dan segala bentuk upaya pemurtadan terhadap umat Islam yang dilakukan secara melawan hukum baik oleh individu-individu maupun kelompok-kelompok tertentu demi kepentingan Kristen. Meski demikian, blog ini tidak dimaksudkan untuk umat Kristen secara luas melainkan terbatas hanya untuk para Misionaris, Evangelis, dan pendukungnya saja. Publikasi blog ini adalah bagian dari tugas para cantrik Gus Mendem menghimpun berbagai konten yang relevans dengan isu di atas, untuk selanjutnya diwartakan ke tengah-tengah komunitas penginjil dimaksud
UNTUK DIPERHATIKAN
Admins menghormati hak kebebasan berpendapat anda dalam merespons artikel manapun yang tersaji di sini. Karenanya, tidak ada pemberlakuan persyaratan khusus yang dapat diartikan sebagai pembatasan atas hak tsb. Sebagai gantinya, kami hanya minta anda menghormati kewajiban moral anda sendiri dengan menghargai tata-krama serta adab yang berlaku dalam budaya kita. Ekspresikanlah pendapat anda dengan menggunakan bahasa yang baik. Terima kasih.
    Blogger
    Facebook

0 Comments:

Post a Comment